Manfaat Sinar Matahari Pagi

Renaldi Ardiansyah 19.43


Halo sobat,  kali ini admin mau memberikan informasi tentang manfaat sinar matahari pagi nih.. Semua mahluk hidup sangat dianjurkan loh untuk selalu memanfaatkan sinar matahari. Eits, tunggu dulu matahari yang dimaksud disini adalah matahari pagi loh. Berbeda dengan terik matahari pada siang hari yang bila terlalu lama terpapar dibawahnya dapat menyebabkan kanker kulit, Sinar matahari pagi justru mempunyai manfaat kesehatan baik bagi tubuh dan tulang kita. Mau tau apa saja manfaat dari sinar matahari pagi itu? yuk kita simak.

1. Vitamin D
  Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari.
  Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.

2. Menguatkan Sistem Kekebalan
   Sinar matahari dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena ketika terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus.

3. Detokdifikasi Tubuh 
   Paparan sinar matahari juga dapat meingkatkan pengeliminasian racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati. Selain itu, sinar matahari juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun tereliminasi lebih efisien melalui darah.

4. Baik Untuk Kulit
  Berjemur dengan aman telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda perengangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

5. Meningkatkan Kebugaran Pernafasan
    Selain meningkatnya kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkan ke jaringan-jaringan tubuh. Ternyata sinar matahari juga dapat meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur.

Nah Sobat, jangan malas bangun pagi ya.  jangan lupa juga untuk sempatkan diri kita untuk berjemur di indahnya sinar matahari pagi. :))

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
21 Januari 2016 pukul 19.54 delete

wahhh wahhh keren gannn :) thank info x
by music djavu :)

Reply
avatar
21 Januari 2016 pukul 20.07 delete

sama sama bro, thx udh mampir

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 Januari 2016 pukul 20.17 delete

Wahh baru tau gan, makasih banget infonyaa , bermanfaat sekali Gan .

Reply
avatar
Rifki LOEN
AUTHOR
21 Januari 2016 pukul 21.29 delete

baru tahu sinar matahari ada vitamin D , thanks ane harus sering sering berjemur deh .

Reply
avatar
Dion Tambunan
AUTHOR
22 Januari 2016 pukul 17.23 delete

harus sering2 berjemur dong

Reply
avatar
23 Januari 2016 pukul 19.52 delete

iya gan . harus sering berjemur tuh hehe

Reply
avatar
Beragam Info
AUTHOR
31 Januari 2016 pukul 05.57 delete

wah banyak manfaat,,
mumpung masih pagi,, ne jlan-jalan dulu ah
terima kasih infonya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
31 Januari 2016 pukul 06.11 delete

oo, pantes orang luar itu suka berjemur
teryata begitu to...

Reply
avatar

Syarat Berkomentar :

1. Menggunakan Bahasa yang Sopan
2. Tidak Mengandung Unsur SARA, PORNOGRAFI, dll
3. Dilarang Spam EmoticonEmoticon