Manfaat Jika Memakan Beras Merah

Renaldi Ardiansyah 18.58



  Kali ini saya ingin membahas tentang manfaat dari beras merah. Beras merah merupakan beras yang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga lapisan kulit yang menyelimuti bijirin masih ada. Lapisan kulit inilah yang mengandung nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh.

  Berbeda dengan beras merah, beras putih telah melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit dan hanya tersisa bijirin, sehingga tidak memiliki kandungan serat dan bahkan bisa meningkatkan kadar gula. Hal itu menjadi alasan bahwa mengonsumsi beras merah memberikan manfaat kesehatan lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih.  Mau tahu apa saja manfaat dari beras merah ? MAri kita simak ulasannya di bawah ini :

1. Kesehatan Wanita
Mengonsumsi minimal 6 porsi beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopause yang punya problem kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit jantung.

2. Mencegah Diabetes
Mengganti nasi putih dengan beras merah dalam menu makan sehari-hari dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua. Selain itu, beras merah dikatakan oleh ahli memiliki sifat yang baik bagi jantung.

3. Kaya akan serat
Beras merah, brown rice atau beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi. Lain halnya dengan beras putih yang hanya mengandung karbohidrat sederhana, beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan.

4. Mengontrol kadar gula darah
Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Dengan indeks glikemik yang rendah,  beras merah mempunyai andil dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin. Selain itu,  beras merah adalah sumber energi baik yang diperlukan tubuh.

5. Mengandung Vitamin B6
Dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah saja, dapat memenuhi 23 persen dari vitamin B6, jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA.

6. Sumber pembentuk energi tubuh
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, beras merah mengandung Vitamin B yang merupakan kunci untuk pembentukan energi bagi tubuh manusia. Pembentukan energi di sel, difasilitasi oleh kecukupan vitamin B. Salah satunya ada di beras merah.

7. Dapat mencegah kanker
Beras merah dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Sehingga dengan terhambatnya radikal bebas tersebut dapat mencegah terjadinya kanker sejak dini.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kandungan yang dimiliki oleh beras merah. semoga informasi ini bisa bermanfaat  dan berguna bagi kita semua :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
sf31q
AUTHOR
13 Februari 2016 pukul 19.29 delete

Wah ada banyak khasiat nya ya :3 Saya sih setiap hari makan nasi putih
Makasi info nya

Reply
avatar
Mrdunggio
AUTHOR
13 Februari 2016 pukul 19.31 delete

Waduh, gue baru tahu kalau mengonsumsi beras merah dapat mencegah kanker.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13 Februari 2016 pukul 19.57 delete

wah...saya baru tau...ternyata berguna kanker juga...nice info gan

Reply
avatar
Egar Samudera
AUTHOR
13 Februari 2016 pukul 20.10 delete

wah banyak bgt khasiat dari beras merah, makasih bgt gan artikelnya bermanfaat sekali :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14 Februari 2016 pukul 09.54 delete

Saya hobinya makan bubur yg dari beras merah ternyata selain enak juga ada manfaat nya,

Reply
avatar
Ferdi
AUTHOR
14 Februari 2016 pukul 10.00 delete

berarti kadar gula nya lebih banyak beras putih ya gan?

Reply
avatar
14 Februari 2016 pukul 10.10 delete

wuih, keren manfaat nya gan.. makasih infonya

Reply
avatar
Akbar
AUTHOR
14 Februari 2016 pukul 10.38 delete

Ooitu ternyata manfaat nya banyak juga ya min.., baru tau ane min tentang kandungan beras merah

Reply
avatar

Syarat Berkomentar :

1. Menggunakan Bahasa yang Sopan
2. Tidak Mengandung Unsur SARA, PORNOGRAFI, dll
3. Dilarang Spam EmoticonEmoticon