Bahaya Tidur Setelah Makan

Renaldi Ardiansyah 17.06


  Tidak tau kenapa setelah makan itu bawaannya ngantuk, apalagi saat setelah makan siang rasanya ingin buru - buru bertemu dengan kasur terus rebahan ya. hehe,  Sebenarnya rasa kantuk yang terjadi setelah makan merupakan hal yang wajar, kenapa demikian rasa kantuk yang datang pada diri kita disebabkan oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dari makanan yang kita konsumsi tersebut. Makanan yang biasa  kita konsumsi ketika sedang makan rata-rata menggunakan nasi sedangkan nasi itu sediri mengandung glukosa yang bisa menghambat kerja sel-sel neuron. Kadar glukosa dalam jumlah yang tidak sedikit di dalam tubuh kita dapat  menyebabkan rasa kantuk yang begitu hebat.

Tapi ada bahaya yang mengancam kita loh jika saat setelah makan kita langsung tidur. apa sajakah bahayanya langsung aja kita simak ulasannya dibawah ini :

1. Berat Badan
Langsung tidur setelah makan ternyata bisa menyebabkan badan anda naik, nah jika anda ingin sedikit lebih kurus ya hindari kebiasaan ini.  Berat badan bisa naik karena tubuh anda akan menimbun lemak saat anda tertidur. Berat badan juga bisa dipicu naik jika anda adalah orang yang sering makan saat larut malam. Jadi jika anda lapar dan terbangun saat larut malam, maka cobalah untuk menghindari makanan seperti  nasi dan roti.

2.Obesitas

Bahaya tidur setelah makan yang pertama adalah obesitas, ini bukan hanya sekedar menambah berat badan loh yah. Obesitas disini dapat membuat  anda melar berkali kali lipat. Salah satu dampak buruk yang mungkin terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis.

3. Maag
Langsung tidur seusai makan memang terasa sangat nyaman, benar? Namun hal ini justru bisa memicu maag bagi tubuh anda. Untuk anda yang tidak  ingin dihantui oleh penyakit yang satu ini sebaiknya anda hindari kebiasaan yang satu ini. Maag dapat disebabkan oleh tidur setelah makan karena memicu berlebihnya asam lambung dalam tubuh anda.

4. Sariawan

Hal ini terjadi apabila kita tidur setelah makan akan memnyebabkan pencernaan kita kacau berakibat juga panas dalam yang akhirnya membuat penyakit sariawan. Jadi orang yang terkena sariawan bukan semata mata akibat kekurangan vitamin C, tetapi juga karena makan tidak teratur dan kebiasaan buruk tidur setelah makan. Panas dalam adalah suatu keadaan dimana tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan, terutama  di sistem pencernaan. Panas dalam bisa disebabkan oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan dingin.

5. Rasa Sakit di Dada. 
Pada awalnya, berbaring setelah makan mungkin akan membuat anda merasa baik. Namun sementara tubuh kita beristirahat, sistem pencernaan akan bekerja keras. Hal tersebut akan meningkatkan kadar asam lambung dan memicu sakit maag. Terkadang bisa juga menimbulkan rasa panas pada perut, dada dan tenggorokan. Normalnya isi lambung atau maag akan kosong kembali sekitar 2 jam setelah kita makan. Tetapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi berbaring maka proses pengosongan lambung akian terhambat atau terlambat. Hal ini akan menimbulkan timbulnya gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita makan. Jadi sebaiknya jangan segera berbaring

6. Diabetes

merupakan efek domino dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh anda dan kegemukan yang disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan. Apabila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka bersiaplah dengan munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi di dalam tubuh anda. setelah makan, tunggu setidaknya hingga 1 jam agar sebagain besar makan sudah kelambung menuju usus.

7. Serangan Jantung

Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian – bagian pembuluh darah anda. hal ini akan meningkatkan resiko anda dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor – faktor lainnya. Penumpukan lemak tersebut dapat terjadi karena  kebiasaan buruk dalam makan sebelum tidur, yang membuat lemak dan kalori tidak akan terbakar. Serangan jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Itulah beberapa ulasan mengenai tidur setelah makan, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
Anonim
AUTHOR
5 Februari 2016 pukul 17.17 delete

Wah saya sering kalau kebanyakan makan suka ke tiduran

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5 Februari 2016 pukul 17.23 delete

baru tau ane tidur setelah makan bisa memicu maag

Reply
avatar
Geraldi
AUTHOR
5 Februari 2016 pukul 19.01 delete

wah bisa menyebabkan penyakit jantung serem juga

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5 Februari 2016 pukul 20.42 delete

wahhh ijin share ya gann mntav bngett nch :)
by ryanarmansyah

Reply
avatar
prijaya
AUTHOR
5 Februari 2016 pukul 21.54 delete

Wah ternyata banyak ya efeknya untuk tubuh kita..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6 Februari 2016 pukul 13.34 delete

Wihhhh......
itu kelakuanku gan :( untung ad artikel ini, klo terus2an bisa kena penyakit aku, thanks ea

Reply
avatar
6 Februari 2016 pukul 17.39 delete

oke nice gan, sangat bermanfaat informasinya

Reply
avatar

Syarat Berkomentar :

1. Menggunakan Bahasa yang Sopan
2. Tidak Mengandung Unsur SARA, PORNOGRAFI, dll
3. Dilarang Spam EmoticonEmoticon