Bahaya Terlalu Sering Bermain Game

Renaldi Ardiansyah 19.02
  



   Kali ini saya akan membahas tentang bahaya terlalu sering bermain game. Kalian suka bermain game? Pastinya. Berapa waktu yang dihabiskan untuk bermain game dalam sehari? Nah, tahukah kalian sebuah penelitian  terbaru mengungkap akan bahaya main game. Apalagi jika dilakkan dalam waktu yang cukup lama sekitar  4 jam sehari makan akan membuat gangguan kesehatan khususnya perubahan tingkah laku dan kepribadian. Wah cukup serius juga ya ternyata.

  Perubahan tingkah laku biasanya dialami oleh orang yang menghabiskan 4 jam atau lebih bermain computer atau game pada konsol permainan. Mereka biasanya cenderung untuk menarik diri dari pergaulan, lebih tertutup dan tenyata juga berubah lebih sensitf di kehidupan nyata. Para ahli sepakat menyimpulkan  bahwa game online dan game konsol turut membentuk perilaku dan perubahan orientasi tersebut.

  Ada baiknya kita mulai mengurangi bermain game dan memperbanyak aktivitas fisik atau bertemu bersama teman dan sahabat. Dengan demikian gangguan akibat kecanduan main game tadi bisa dikurangi atau  setidaknya dicegah. Aktivitas fisik juga membuat tubuh bergerak, aliran darah lebih lancar dan membawa
efek yang baik bagi psikologis kita. Nah apa sajakah bahaya dari terlalu sering bermain game ? Mari kita simak ulasannya dibawah ini :

 1. Kecanduan
Sudah bukan rahasia lagi, keasyikan main game cenderung membuat seseorang mengalami kecanduan. Kecanduan  pada video game ini disebut gangguan kontrol impuls, hampir mirip dengan judi. Gejalanya sangat mudah  diketahui seperti penurunan atau kenaikan berat badan, sering mengabaikan kebersihan pribadi, pola tidur  yang terganggu bahkan kurangnya interaksi sosial dengan lingkungan.

2. Masalah penglihatan
Terlalu sering main game, apalgi dengan frekuensi waktu yang lama bisa menyebabkan gangguan penglihatan, seperti glaukama, terutama dikalangan pengguna yang rabun. Selain itu, terlalu menatap layar yang sangat terang saat main game juga sangat berbahaya bagi komponen fisik mata, karena biasanya kita cenderung berhenti  berkedip, sehingga dapat membuat mata jadi kering.

3. Playstation tumb
Playstation tumb bisa mempengaruhi siapa saja yang sering main game dengan menggunakan controller D-pad.  Kondisi ini biasanya ditandai dengan mati rasa dan kesemutan dibagian jempol. Jempol biasanya juga akan  tampak membesar serta melepuh.

4. Carpal tunel syndrome
Masalah kesehatan yang satu ini disebabkan ketika saraf utama antara lengan bawah dan tangan berulang kali  meremas atau menekan. Tidak hanya maniak game saja, mereka yang terlalu sering menggunakan komputer juga  berpotensi terkena carpal tunnel syndrome ini.

5. Nintendinitis
Anda mungkin masih belum mendengar istilah ini. Nintendinitis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan  cedera tendon (tendinosis) pada tangan dan pergelangan tangan. Umumnya, masalah kesehatan ini diderita oleh  mereka yang terlalu lama bermain game seperti Wii Sport.

6. Perilaku agresif dan masalah mental
Anak - anak yang suka main game bisa menjadi lebih impulsif , canggung serta rentan kecanduan permainan tersebut  dari waktu ke waktu. Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang suka main game menjadi lebih tertekan  dan cemas dari waktu ke waktu daripada non gamer. Gejala umum yang perlu diwaspadai antara lain, pola tidur yang  terganggu karena kebiasaan bergadang, kesulitan berkonsentrasi, fobia sosial, peningkaan kecemasan, bahkan  peningkatan kemarahan yang tidak rasional.

Nah, itulah beberapa dampak dari terlalu sering bermain game. main game sebenarnya boleh saja asalkan tau batasannya dan tidak terlalu berlebihan agar dampak diatas tidak menyerang anda :) . semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua :)

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Syarat Berkomentar :

1. Menggunakan Bahasa yang Sopan
2. Tidak Mengandung Unsur SARA, PORNOGRAFI, dll
3. Dilarang Spam EmoticonEmoticon